Blog

Puncak Bulan Bahasa Bali 2020

IMG_6347-1140x500-1
Berita Sekolah

Puncak Bulan Bahasa Bali 2020

SMA Negeri 8 Denpasar mengadakan serangkaian acara menyambut bulan Bahasa Bali. Kegiatan ini dilaksanakan untuk mendukung upaya pelindungan dan pemeliharaan kelestarian Bahasa, Aksara, dan Sastra Bali. Hal tersebut sejalan dengan Peraturan Gubernur Bali No. 80 Tahun 2018 tentang Pelindungan dan Penggunaan Bahasa, Aksara, dan Sastra Bali dimana Bulan Bahasa Bali tercantum dalam Bab V pasal 7 dan pasal 8. Puncak acara Bulan Bahasa Bali di SMA Negeri 8 Denpasar dilaksanakan pada tanggal 27 Pebruari 2020 bertempat di halaman sekolah dengan mengambil tema “Malarapan Bulan Bahasa Bali, Nyujur Atma Kertih”.

Bulan Bahasa Bali di SMA Negeri 8 Denpasar diisi oleh beberapa perlombaan. Perlombaan tersebut, diantarnya Lomba Puisi Bahasa Bali, Lomba Pidarta Bahasa Bali, dan Lomba Pupuh (Sekar Alit). Perlombaan tersebut diikuti oleh seluruh perwakilan kelas yang ada di SMA Negeri 8 Denpasar. Dengan adanya perlombaan tersebut seluruh siswa menjadi ikut peduli dan mulai melestarikan Bahasa, Aksara, dan Sastra Bali.

Puncak acara perayaan Bulan Bahasa Bali di SMA Negeri 8 Denpasar diawali dengan Festival Nyurat Lontar oleh seluruh siswa SMA Negeri 8 Denpasar yang dilaksanakan tersebar di halaman sekolah. Festival ini mengajak seluruh siswa agar mau ikut dalam upaya pelestarian Bahasa, Aksara, dan Sastra Bali. Puncak acara tersebut dilanjutkan dengan kegiatan penampilan para juara dari masing-masing lomba yang telah dilaksanakan. Penampilan ini disaksikan oleh seluruh siswa SMA Negeri 8 Denpasar sebagai upaya apresiasi kepada siswa yang sudah menampilkan hasil karya terbaiknya. Kegiatan ini ditutup dengan aksi kocak Arja yang ditarikan oleh Ekstrakulikuler Tabuh dan Tari SMA Negeri 8 Denpasar. Penampilan Arja tersebut sangat menghibur dan membuat seluruh siswa bertahan hingga acara selesai.