Blog

Jeda Semester Genap: Menyatukan Kreativitas Dengan Tetap Mengutamakan Solidaritas

_MG_7516
Berita Sekolah

Jeda Semester Genap: Menyatukan Kreativitas Dengan Tetap Mengutamakan Solidaritas

8 Journalistic  — Ujian telah usai, SMAPAN hadirkan kegiatan jeda semester untuk siswa-siswinya. Kegiatan ini dimulai pada Selasa, 30 Mei 2023 hingga Rabu, 31 Mei 2023. Berbagai lomba-lomba menarik salah satunya lomba tarik tambang yang diadakan untuk memeriahkan jeda kali ini. Pukul 07.30 WITA, di bawah sinar mentari pagi seluruh siswa kelas X serta XI mulai bertanding.

Jeda semester genap telah dilaksanakan berulang kali di SMAPAN. Kegiatan ini bertujuan ‘menyegarkan’ kembali siswa-siswinya usai menempuh ujian. Jeda kali ini diisi dengan lomba-lomba menarik yang menumbuhkan kerjasama serta mempererat solidaritas antarteman. Terdapat 5 macam lomba, yakni lomba Tarik Tambang, Estafet Tepung, Lempar Balon, Tebak Kata, dan Senam Sehat SMAPAN. Seluruh rangkaian lomba dilaksanakan di area sekolah mulai Selasa, 30 Mei 2023 dan beberapa lomba final dilaksanakan pada Rabu, 31 Mei 2023. Lomba-lomba tersebut diikuti oleh siswa maupun siswi kelas X serta XI.

Perlombaan dipilih menjadi kegiatan utama dalam jeda semester genap tahun ini, sebab lomba dapat menumbuhkan semangat siswa bagi pelajar di sekolah tersebut. Dengan mengusung tema “Unite The Solidarity Of Unlimited Creativity”, kita menyatukan kreativas kita dengan tetap mengutamakan rasa solidaritas. Oleh sebab itu, perlombaan menjadi pilihan yang tepat dibanding kegiatan lainnya. Hadiah kali ini pun spesial, yakni piala serta piagam untuk sang juara. Selain lomba-lomba ada pula pengumpulan tanaman pada Rabu, 31 Mei 2023. Hal ini untuk memfungsikan kembali greenhouse atau Rumah Hijau SMAPAN. Hal-hal tersebut yang menjadi ciri khas menarik jeda kali ini. 

Persiapan yang telah direncanakan lebih dari 2 minggu lalu membuahkan hasil yang baik. Susunan acara berjalan dengan lancar dan situasinya terkendali. OSIS serta MPK bekerja sama dengan PMR guna mengantisipasi adanya hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Para siswa siswi pun tampak antusias mengikuti rangkaian lomba tersebut. Riuh tawa meramaikan suasana lomba. Sorakan supporter tiap kelas terdengar, menyemangati teman-temannya yang tengah bertempur. “Kesannya seru sih, walau bercampur kesal karena teman yang bisa menebak kata. Tapi karena lomba itu, aku sama teman-temanku bisa meningkatkan kreativitas, bisa meningkatkan interaksi satu sama lain, dan bisa menumbuhkan keberanian juga di diri kita masing-masing. Selain itu, kita juga bisa mempererat kerja sama kita.” Ucap Suci Mariani (16) dalam wawancara langsung bersama Tim Redaksi 8Journalistic pada Selasa (30/5/2023). 

Setiap kompetisi memang erat kaitannya dengan menang dan kalah. Namun hal itu bukan poin pentingnya. Kerja sama dan solidaritas antar-tim adalah kunci. Dede Satya Mahendra (16) menyampaikan, “Kalau semester lalu langsung terbantai diawal match pertama. Kalau sekarang ada lumayan perlawanan lah ya, match pertama menang.” Walau kenangan pahit terulang kembali, akan tetapi hal tersebut menjadi ‘guru’ agar kedepannya menjadi lebih baik. (sin)

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *