Blog

Jeda Setelah Lama Bertempur

_MG_7620
Berita Sekolah

Jeda Setelah Lama Bertempur

Usai bergulat dengan tugas yang menggunung dan peliknya Penilaian Akhir Tahun, kini sudah saatnya sang waktu menghantarkan kita ke masa-masa yang menyenangkan. Setelah sekian lama beradu dengan pikiran yang penuh dengan beban, bukankah sudah saatnya untuk beristirahat sejenak? 

Di tengah kesibukan yang kian lama mulai meredup, waktu berjalan dengan intensitas kegiatan pembelajaran yang mulai mengurang. Tentu sangat membosankan apabila hanya diisi dengan merenung dan menggulir layer gadget, bukan? Melangkah lebih dahulu, SMA Negeri 8 Denpasar atau yang kerap dikenal oleh khalayak dengan sebutan SMAPAN saat ini tengah melangsungkan kegiatan Jeda Semester. Jeda Semester merupakan masa di mana penilaian semester telah berakhir, sehingga tersisa waktu kosong yang diisi dengan kegiatan-kegiatan menggembirakan. Ini bukanlah hal yang baru untuk warga SMAPAN, bahwasanya Jeda Semester merupakan kegiatan turunan yang telah sedari lama diselenggarakan di sekolah ramah lingkungan ini. Walau bukan yang pertama kali, tapi dapat dipastikan keseruan yang tercipta akan selalu terpatri. Jeda semester tahun ini nyatanya tidak jauh berbeda dari tahun sebelumnya. Walau sedikit disayangkan karena tahun ini, keluarga SMAPAN ‘berkurang’ karena memutuskan untuk berjalan di mimpinya masing-masing, tetapi senyum dan tawa yang tersisa tidak mengubah atau mengurangi suasana cita yang ada. Lalu jika tak jauh berbeda, lantas dari sisi mana keseruan itu dapat dibicarakan?

Kehilangan yang dirasa pasti akan terobati dengan kenangan tersimpan. Tak semua orang menetap dan tak semua juga orang pergi, tetapi Jeda Semester selalu berjanji untuk menemani. Pelaksanaan Jeda Semester dilaksanakan selama 2 hari, cukup tergolong singkat. Namun pelaksanaan yang singkat tak membuat tawa dan senyum mereka menjadi singkat pula, rangkaian lomba-lomba penuh semangat ini mengantarkan mereka –warga SMAPAN– untuk menggelorakan antusiasme dan dukungan untuk kawan-kawannya yang tengah berkompetisi. Perlombaan dimulai sejak Selasa, 30 Mei 2023 yang diawali dengan ragam lomba, dimulai dari lomba yang sangat mengandalkan nalar –Tebak Kata hingga yang membuat seluruh tenaga meluruh –Tarik Tambang semua insan yang ada di pagi hari itu menyumbangkan energi dan teriakan mereka untuk kesayangannya yang terlibat. Tak hanya itu, masih banyak lagi lomba yang diselenggarakan, seperti lempar balon, estafet tepung dan senam SMAPAN. 

Bicara apa yang menjadi pembeda, Jeda Semester tahun ini menggelar beberapa lomba yang berbeda dengan Jeda Semester sebelumnya. Tetapi yang menjadi sorotan adalah Jeda Semester kali ini mengadakan pengumpulan tanaman untuk memfungsikan kembali Green House telah lama ‘mati’ akibat pandemi diwaktu lalu. Kegiatan ini dilaksanakan sehari setelah seluruh lomba dilangsungkan, yakni Rabu, 31 Mei 2023 dengan bantuan seluruh siswa-siswi kelas X. Dengan menyumbangkan tanaman, diharapkan Green House dapat berfungsi kembali seperti yang disemogakan dan seharusnya. Program ini diluncurkan oleh OSIS yang berperan banyak baik dalam penyusunan acara sedari awal hingga akhir. Harap-harap dengan banyak tanaman yang akan terpajang nanti dapat menambah keindahan dan memperkaya hawa sejuk di SMA Negeri 8 Denpasar. Lalu di hari yang sama, Rabu, 31 Mei 2023 menjadi hari yang dinanti-nanti bagi mereka yang lolos ke semifinal. Final menjadi akhir dari perjuangan yang mereka kerahkan dan merupakan ajang memperebutkan posisi dan juara. Di sini, ketahanan dan kerjasama antar tim akan sangat diuji. Pastinya mendebarkan sekaligus menggiurkan, apalagi diimingi hadiah berupa piala dan piagam penghargaan untuk yang berhasil mendapatkan posisi tersebut.Sejauh yang dapat dilihat, acara Jeda Semester tahun ini berjalan dengan baik dan terstruktur. Bersyukur, karena tidak ada hal-hal yang menghambat kelancaran dari acara. Jeda Semester tentunya tidak luput dari kinerja OSIS dan MPK serta peran dari pihak para guru yang mengakomodasi segala hal yang diperlukan sehingga acara dapat berjalan dengan memuaskan. Terlihat bahwa warga SMAPAN menikmati acara turunan yang meriah ini. Dengan mengusung tema “Unite The Solidarity Of Unlimited Creativity” diharapkan dengan diadakannya lomba-lomba di Jeda Semester ini dapat menumbuhkan semangat dari siswa-siswi SMAPAN dan dapat menyatukan kreatifitas dengan tetap mengutamakan solidaritas.