Blog

Kemah Pramuka – Membangun Karakter Kemandirian

IMG_0540
Berita Sekolah

Kemah Pramuka – Membangun Karakter Kemandirian

Perkemahan merupakan salah satu kegiatan dalam kepramukaan yang dilaksanakan dilingkungan alam luar. Kegiatan ini bertujuan memberikan pengalaman dalam menjaga lingkungan dan mengembangkan sikap bertanggung jawab akan masa depan yang menghormati keseimbangan alam, mengembangkan kemampuan diri mengatasi tantangan yang dihadapi, dan menemukan kembali cara hidup yang menyenangkan dalam kesederhanaan.

Sebagai salah satu bentuk untuk pengembangan karakter siswa, SMA Negeri 8 Denpasar mengadakan Pembinaan Karakter, Bela Negara dan Hidup Mandiri melalui kemah kepramukaan yang dilaksanakan di Bumi Perkemahan Wisma Nangun Kerthi, Desa Pancasari, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Singaraja – Bali pada tanggal 25 – 26 Mei 2023 yang diikuti oleh 700 peserta kelas X dan didampingi Kepala Sekolah serta Panitia Guru.

Dalam kegiatan perkemahan ini dilaksanakan beberapa kegiatan seperti upacara Pramuka, api unggun, pementasan seni dan atraksi dari peserta kemah, dan kegiatan lainnya. Semantara itu, Kepala SMA Negeri 8 Denpasar dalam sambutannya mengatakan kepramukaan adalah proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan di luar lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, praktis yang dilakukan di alam terbuka dengan prinsip dasar kepramukaan dan metode kepramukaan dengan sasaran akhirnya pembentukan watak, akhlak dan budi pekerti. “Gerakan pramuka sangat baik dalam pembentukan karakter manusia melalui berbagai jenis latihan dan keterampilan yang diselenggarakan.”