Blog

Aksi Pemira (Pemilu Raya) 2023. Kira-Kira Pilih Siapa Ya?

DSC02285
Berita Sekolah

Aksi Pemira (Pemilu Raya) 2023. Kira-Kira Pilih Siapa Ya?

Pemira 2023 telah berlangsung pada hari ini, Rabu (27/09/2023) bertepatan di beberapa  kawasan SMA Negeri 8 Denpasar yakni lapangan basket, lapangan voli, sekitar bale kul-kul dan pelataran Padmasana. Kegiatan pemungutan suara ini berjalan sejak pukul 08.50 – 12.30 WITA dengan pengawasan ketat oleh para OSIS/MPK. 

Tak terasa kini warga SMAPAN sudah kembali ke masa pemilihan suara Ketua OSIS atau yang sering disebut dengan Pemira (Pemilu Raya). Pemira tahun ini memiliki persiapan yang sangat matang dan juga telah berjalan dengan baik dan tertib. Hal ini dikarenakan adanya penggunaan sistem sesi dan koordinasi serta kerjasama dari pihak OSIS/MPK serta pihak siswa yang mentaati arahan dari panitia. 

Persiapan Pemira 2023 sudah dimulai sejak seminggu yang lalu. Pemira ini sendiri merupakan salah satu program kerja turunan MPK. Dalam persiapannya sendiri pun pure dilakukan oleh MPK itu sendiri. Sebagai Ketua MPK periode 2023/2024, Ni Putu Deswita Cintya Wiguna atau yang senang dipanggil dengan sebutan Deswita (15) memaparkan bahwa dalam penyuksesan Pemira 2023 ini didukung oleh perencanaan dan pelaksanaan yang dilandasi oleh komunikasi antar guru dan seluruh anggota MPK. 

“Seluruh pelaksanaan Pemira tidak akan berhasil tanpa adanya kerjasama, baik dari internal MPK, OSIS, guru, serta siswa.” Ungkap Deswita pada wawancara online bersama tim redaksi, Rabu (27/09/2023). 

Keadaan Pemira hari ini (27/08/2023) berjalan dengan cukup kondusif dan berjalan secara LUBER (Langsung, Umum, Bebas dan Rahasia) dan JURDIL (Jujur dan Adil), namun jika berbicara mengenai keberlangsungan kegiatan, pasti tak terlepas dari kekurangan atau masalah. Turut menjaga kelancaran Pemira, Ni Kadek Winhi Rahasti atau yang akrab disapa Winhi (16) berterus terang bahwa ia merasa senang dan bahagia akan pengalaman baru yang didapatkannya pada Pemira 2023 ini. Winhi juga mengungkapkan bahwa permasalahan yang terjadi dalam Pemira kali ini ada dalam pengaturan baris-berbaris dan juga mekanisme pemungutan suara yang masih kurang dipahami oleh beberapa siswa terkhususnya untuk siswa baru kelas X. Tetapi selebihnya segala permasalahan tersebut dapat teratasi dengan baik oleh OSIS/MPK yang bertugas di lokasi TPS (Tempat Pemungutan Suara). 

Rasa lelah dan letih karena beroperasi sedari pagi hingga sore tak mengurangi antusias Winhi dan kawan-kawan OSIS/MPK lainnya terhadap Pemira tahun ini. Gadis asal XI 4 yang kini menjabat sebagai Sekretaris 2 OSIS itu juga turut memberikan harapannya mengenai calon Ketua OSIS yang masuk dalam pemilihan kandidat dalam Pemira 2023 ini.

“Harapan saya kepada calon yang terpilih nantinya menjadi Ketua OSIS, semoga bisa mengemban tugas dan tanggung jawab dengan baik, bisa merangkul anggotanya, mendengarkan aspirasi siswa/i SMAPAN dan tentunya bisa menjaga nama baik OSIS dan sekolah.” Tutur Winhi pada wawancara online bersama tim redaksi pada Rabu, (27/09/2023). 

Walaupun mengalami proses yang panjang dan melelahkan, Pemira 2023 mendapatkan banyak partisipasi dan kinerja dari anggota MPK baru dan juga anggota OSIS periode 2022/2023. Sehingga kegiatan pemilihan suara calon Ketua OSIS dapat selesai tepat di hari yang sama. Hal yang paling dinanti, mengenai hasil dari Pemira 2023 ini sudah resmi keluar dan diumumkan langsung di aula SMA Negeri 8 Denpasar oleh Ketua MPK masa bakti 2023/2024 di hari yang sama saat Pemira 2023 berlangsung.  Untuk siapapun kandidat yang terpilih menjadi Ketua OSIS masa bakti 2023/2024, semoga dapat menjalankan tugas dengan baik juga amanah.  Selamat dan semangat dalam menjabat! (day)