Blog

8JC On Action : Rekap Tuntas MPLS 2023!

_MG_8618
Berita Sekolah

8JC On Action : Rekap Tuntas MPLS 2023!

8Journalistic — Warga SMAPAN kini tengah menyambut anggota baru keluarganya. Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) ini berlangsung selama tiga hari, yakni sedari Senin (10/07/2023) hingga hari Rabu (12/07/23). Berbagai rangkaian kegiatan menarik memenuhi agenda para siswa-siswi baru SMAPAN. Para wajah baru itu tampak menikmati awal kenangan putih abu mereka. 

Memasuki hari kedua pelaksanaan MPLS (11/07/2023) di SMA Negeri 8 Denpasar, semangat para peserta semakin “dibakar” oleh terik matahari dan seruan panitia (OSIS) yang memberi arahan kegiatan. Kegiatan di hari itu dimulai dengan doa bersama dan dilanjutkan dengan Selamat Pagi SMAPAN. Berpindah ke aula, mereka melanjutkan kegiatan dengan sosialisasi mengenai prestasi sekolah yang dibawakan oleh I Nyoman Wiryawan, S.Pd. Ditambah dengan sosialisasi tata tertib berlalu lintas oleh personil Bhabinkamtibmas Polsek Denpasar Utara serta sosialiasi kesehatan reproduksi dan HIV/AIDS oleh Puskesmas 3 Denpasar Utara.

Tak ingin kalah, tim foto yang berasal dari ekstra jurnalistik atau  dikenal dengan 8Journalistic juga lincah menyusuri setiap sudut sekolah tempat pelaksanaan kegiatan MPLS guna memperoleh dokumentasi terbaik. I Kadek Aditya Ari Kusuma (16) selaku salah satu siswa yang bertugas dalam mengambil dokumentasi kegiatan, mengatakan jika ini merupakan bukan pengalaman pertama kalinya berkontribusi dalam mendokumentasikan kegiatan sekolah. Walaupun demikian, pada kegiatan MPLS hari kedua kemarin laki-laki berzodiak Pisces ini mendapatkan beberapa kendala yang dapat langsung diatasinya seperti dari baterai dan kapasitas memory card. Dengan adanya beberapa kendala tersebut, dirinya tetap menjalankan tugasnya dengan perasaan senang dan menganggap tugas yang dikerjakannya ini bermanfaat bagi dirinya sendiri. 

“Karena ini juga hobby aku, jadi ngejalaninnya santai tapi tetap fokus. Terus aku juga bisa ketemu sama adik kelas baru yang bakal ikut bergabung di sekolah yang sama.” Ungkapnya dengan semangat saat diwawancara online oleh tim redaksi, Rabu (12/07/2023).

Akhirnya tibalah di hari terakhir pelaksanaan MPLS Tahun 2023/2024, Rabu (12/07/2023). Pada penghujung MPLS ini terlihat para peserta MPLS sibuk mempersiapkan penampilan mereka yang akan ditampilkan dalam Pentas Seni (Pensi) yang akan digelar di hari itu. Walau hanya mengandalkan waktu tiga hari untuk berlatih dan bersiap, namun Pensi dapat berjalan dengan lancar. Berbagai kreasi tari dan penampilan oleh peserta MPLS di SMA Negeri 8 Denpasar meriuhkan seisi aula baru hari ini (12/07/2023). Mereka (peserta MPLS) dengan tertib menunggu giliran untuk menampilkan pertunjukan seni yang mereka susun bersama anggota kelompoknya masing-masing. Diketahui adanya Pensi (Pentas Seni) oleh peserta MPLS di SMA Negeri 8 Denpasar ini dilaksanakan pada hari terakhir kegiatan pelaksanaan MPLS yang bertujuan untuk memberikan penutup manis bagi peserta MPLS yang nantinya resmi menjadi peserta didik baru di SMA Negeri 8 Denpasar. Digelarnya pensi ini juga disambut hangat oleh panitia khususnya dari kalangan guru yang mendukung penuh selama kegiatan ini berlangsung untuk meningkatkan rasa kekeluargaan, komunikatif, kreativitas dan rasa solid antar peserta. Kegiatan ini secara tidak langsung dapat menguatkan nilai pendidikan karakter selama kegiatan MPLS.

Hal tersebut juga sejalan dengan apa yang disampaikan oleh I Wayan Ardika selaku panitia (guru) yang turut menyukseskan terselenggaranya kegiatan ini. “Jujur bapak salut dengan anak-anak yang diberikan waktu terbatas mampu mengkolaborasi berbagai unsur seni dalam penampilan tadi, misalnya tadi ada yang menampilkan tari modern namun diiringi musik dengan sentuhan tradisional (semacam tari kontemporer).” Ungkap guru seni budaya yang biasa disapa Pak Ardika ini kepada tim redaksi, Rabu (12/07/2023).

Selama pementasan berlangsung, 13 kelompok peserta MPLS memberikan penampilan terbaik yang dapat mereka sajikan kepada penonton dan dewan juri tentunya dengan konsep yang berbeda-beda setiap kelompoknya.

“Kedepannya bapak sebagai guru dan panitia Pensi berharap semoga kegiatan ini berlanjut ke tahun-tahun berikutnya (MPLS selanjutnya), karena lewat kegiatan ini bisa menggali potensi peserta didik di bidang seni dan pastinya melatih mental tampil di depan umum,” ujar Pak Ardika berharap agar kegiatan sejenis Pensi ini tetap terlaksana dalam kegiatan MPLS tahun depan dan berbagai event SMAPAN karena jiwa seni merupakan salah satu dari ciri khas SMAPAN.

Nyatanya pelaksanaan Pentas Seni di penghujung masa MPLS bagi peserta benar-benar memberikan kesan tersendiri yang membekas. Hal tersebut terang-terangan diungkapkan oleh salah satu peserta MPLS yakni Risna Gianitri (15) yang berkesempatan mengungkapkan perasaannya melaksanakan kegiatan MPLS sebelum akhirnya diresmikan menjadi peserta didik baru SMA Negeri 8 Denpasar (saat upacara penutupan MPLS).

“Kalau dari kelompok aku sendiri itu persiapannya memang cuma di sekolah aja sih kak untuk Pensi hari ini, tapi tetap seru sih bisa nyusun bareng. Selama MPLS ini berlangsung juga jadi bisa kenal banyak orang dan didampingi sama kakak OSIS yang ramah,” ucap Risna setelah melaksanakan upacara penutupan MPLS di lapangan basket hari ini, Rabu (12/07/2023).
Walau mereka yang terlibat saling mengejar waktu disaat hectic-nya rangkaian kegiatan MPLS selama tiga hari berturut-turut, tetapi para panitia pelaksana dan juga OSIS/MPK dapat bekerjasama dengan baik sehingga MPLS hari pertama di SMA Negeri 8 Denpasar dapat berjalan dengan lancar. Akhirnya resmi sudah puluhan peserta MPLS yang terbagi atas 13 kelompok besar menjadi peserta didik baru di SMA Negeri 8 Denpasar sebagai angkatan ke-18. Selain penampilan seni yang akan terus membekas di hati, diharapkan agar seluruh peraturan dan pelatihan kedisiplinan yang diterapkan selama MPLS berlangsung menjadi bekal bagi para peserta didik selama menjadi warga SMA Negeri 8 Denpasar. (day/sin/arr/non).