Blog

Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) SMAPAN

PPK-5
Berita Sekolah

Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) SMAPAN

SIAP SEKOLAH !!!

Libur telah usai Tahun Pelajaran 2023/2024 akan segara dimulai, Lembaga SMA Negeri 8 Denpasar memberikan pembekalan sikap mental melalui penguatan nilai-nilai religius, jujur, toleran, disiplin, bekerja keras, kreatif, mandiri, cinta tanah air dan bertanggung jawab untuk siswa-siswa kelas XI dan Kelas XII. Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) adalah gerakan pendidikan di sekolah untuk memperkuat karakter siswa melalui harmonisasi olah hati (etik), olah rasa (estetis), olah pikir (literasi), dan olah raga (kinestetik) dengan dukungan pelibatan publik dan kerja sama antara sekolah, keluarga, dan masyarakat. Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) merupakan bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM). 5 Nilai Utama Karakter Prioritas PPK adalah Religius, Nasionalis, Gotong Royong, Integritas dan Mandiri.

Guna mendukung proses penguatan pendidikan karakter, Lembaga SMA Negeri 8 Denpasar melaksanakan Penguatan Pendidikan Karakter  (PPK) yang menyajikan kegiatan-kegiatan Sosialisasi dan PBB. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari senin dan selasa, tanggal 10 sampai 11 Juli 2023 bertempat di Wantilan Pura Agung Lokanatha Lumintang dan Lapangan Lumintang Denpasar.

Kegiatan ini dilaksanakan bertujuan untuk Penguatan karakter siswa dalam mempersiapkan daya saing siswa dengan kompetensi abad 21 (berpikir kritis, kreatif, mampu berkomunikasi, dan berkolaborasi), Pembelajaran dilakukan terintegrasi di sekolah dan di luar sekolah dengan pengawasan guru, Revitalisasi peran Kepala Sekolah sebagai manajer dan guru sebagai inspirator PPK, Revitalisasi Komite Sekolah sebagai badan gotong royong sekolah dan partisipasi masyarakat, Penguatan Peran Keluarga melalui kebijakan pembelajaran lima hari dan Kolaborasi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, lembaga masyarakat, pegiat pendidikan, pegiat kebudayaan, dan sumber-sumber belajar lainnya.