Blog

SAMBUT SMAPAN FAIR 6, ANTUSIASME WARGA SMAPAN TAK PERNAH MEREDA!

Pembukaan Smapan Fair 6
Berita Sekolah

SAMBUT SMAPAN FAIR 6, ANTUSIASME WARGA SMAPAN TAK PERNAH MEREDA!

8Journalistic — SMA Negeri 8 Denpasar kembali gelar SMAPAN Fair ke-6. Acara tahunan khas SMA Negeri 8 Denpasar raih respon positif warga SMAPAN. Berlangsung sejak 2-3 November 2023, SMAPAN Fair diisi dengan pagelaran Pentas Seni oleh siswa-siswi, Talkshow kewirausahaan dengan narasumber-narasumber hebat dan pembukaan stand kuliner oleh seluruh siswa-siswi SMAPAN. Keberlangsungan SMAPAN Fair 2023 memberikan kesan berharga di awal November bagi penikmat event tersebut.

Tak terasa sudah saatnya membalikkan kalender dan mengucapkan selamat datang untuk kehadiran bulan baru. November mungkin saja menjadi bulan yang cukup hectic bagi warga SMAPAN. Hal ini dilihat dari awal bulan yang sudah diramaikan dengan tergelarnya kembali SMAPAN Fair. Event ini mampu mencuri perhatian semua orang, dilihat sudah dari jauh-jauh hari semuanya nampak bersiap-siap untuk menyambutnya.

Tak berbeda jauh dari tahun sebelumnya, SMAPAN Fair ke-6 ini juga dilaksanakan 2 hari sejak 2-3 November 2023. Mengangkat tema “Kalibrasi Intrepreneurship Dalam Kearifan Budaya Lokal dan Digital”, SMAPAN Fair 2023 menjadikan unsur tradisional sebagai aspek utama pada event khas SMA Negeri 8 Denpasar tahun ini. Sebelum acara resmi dimulai, seluruh siswa-siswi bahu-membahu mempersiapkan segala alat dan bahan yang akan dipergunakan. Nampak lapangan basket SMAPAN pada h-1 acara penuh akan properti dan dekorasi stand per masing-masing kelas. Pembukaan stand kuliner masih dan menjadi hal yang ditonjolkan dalam SMAPAN Fair. Jajaran stand telah berdiri rapi membuat siapapun yang melihat akan merasa tidak sabar untuk berkunjung. Panggung terbuka yang megah di tengah lapangan turut menyita atensi. Hal ini tentu sangat menarik, mengingat tahun ini terdapat banyak inovasi dari pagelaran yang dipersembahkan.

Pembukaan stand sudah dimulai pukul 08.00 WITA dan stand sudah mulai siap beroperasi. Namun sebelum dimulainya jual-beli, terdapat pembukaan resmi terlebih dahulu. Setelah acara resmi dibuka, semua orang bergegas berhamburan menengok-nengok jajaran stand kuliner tradisional. Tak hanya murid, bahkan guru dan staff sekolah pun ikut menikmati ramai dan ragam kuliner yang tersedia. Kunjungan dari perwakilan OSIS beberapa sekolah menengah atas dan sederajat juga turut menikmati dan menjelajahi stand SMAPAN Fair, membuat nuansa acara semakin meriah. Menjadi terobosan baru dalam SMAPAN Fair, Talkshow kewirausahaan turut ada dalam sepanjang pelaksanaan SMAPAN Fair. Talkshow ini membahas mengenai pengalaman berwirausaha oleh narasumber-narasumber yang berkecimpung di bidang terkait. Talkshow ini berlangsung di Aula SMA Negeri 8 Denpasar selama SMAPAN Fair (dua hari). 

Selain merupakan program tahunan dan program rutin SMA Negeri 8 Denpasar, tentu SMAPAN Fair memiliki eksistensi tersendiri dalam benak keluarga besar SMAPAN. SMAPAN Fair merupakan imbas dari pelajaran P5 kurikulum merdeka, hal ini juga diungkapkan oleh Ni Putu Yunita Ardianti (35) selaku guru yang mengampu bidang Bahasa Inggris. Beliau juga mengungkapkan bahwasanya dari SMAPAN Fair dapat menerima banyak manfaat untuk siswa-siswi.

“Yang pertama untuk membangkitkan semangat siswa dalam mengapresiasikan karya mereka, lalu yang kedua melatih mereka berorganisasi, lalu yang ketiga ada melatih siswa agar bisa belajar mandiri, dan yang terakhir siswa mampu bertanggung jawab terhadap tugas mereka.” Ungkap Mrs. Yunita dalam wawancara offline (3/11/23). 

Hal serupa juga diungkapkan oleh salah satu partisipan acara yang merupakan siswi kelas XII, Ni Putu Carira Sang Cosana Karyadi (17). Berpartisipasi dalam pertunjukan bakatnya di bidang modelling, gadis asal XII IPA 4 ini melontarkan bahwa sesuai dengan tujuan kegiatan SMAPAN Fair yaitu SMA Negeri 8 Denpasar memberikan ruang dan media kepada seluruh siswa untuk menggali potensi sesuai kemampuan, bakat, dan lingkungan yang bisa mendukung dalam melahirkan sebuah produk tradisional, berupa kuliner, maupun inovasi. Carira juga turut memberikan kesan-pesannya akan SMAPAN Fair terakhirnya. 

“Kesan dan pesan saya untuk SMAPAN Fair kali ini yakni saya sangat menantikan SMAPAN Fair tahun ini. Selain excited, saya juga merasa senang saat melaksanakan SMAPAN Fair kali ini dikarenakan sekolah memberikan tempat untuk ekstra saya menampilkan bakat saya dan teman teman saya. Suatu kebanggaan saya dapat berpartisipasi dengan cara menunjukkan potensi saya di bidang bakat melalui modelling. Mengenai pesan terhadap SMAPAN Fair kali ini semoga tema kali ini dapat menjadi acuan kepada para generasi muda dimulai dari siswa-siswi SMA N 8 DENPASAR agar dapat mengenal lebih banyak kulineran berbasis kearifan lokal tanpa meninggalkan perkembangan zaman.” tutur Carira. Berjalannya SMAPAN Fair ke-6 ini memberikan banyak dobrakan dan inovasi baru untuk warga SMAPAN. Diharapkan event iconic SMAPAN ini kedepannya akan terus berjalan dengan baik dan penuh dengan hal-hal baru yang menarik di masa yang akan mendatang. (day)