Blog

Melalui Program Sekolah Energi Berdikari PT. Pertamina Sumbangkan Solar Panel di SMA Negeri 8 Denpasar

01hkyh6r1q460gcn3gn554tmfy
Berita Sekolah

Melalui Program Sekolah Energi Berdikari PT. Pertamina Sumbangkan Solar Panel di SMA Negeri 8 Denpasar

PT. Pertamina melalui PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus kembali menunjukkan komitmennya untuk mendukung generasi muda peduli lingkungan. Salah satunya melalui program Sekolah Energi Berdikari (SEB) Pertamina di SMA Negeri 8 Denpasar dengan tema ‘Energizing Sustainable Community’, program SEB ini bertujuan mendukung keterlibatan sekolah dan generasi muda dalam keberlanjutan lingkungan.

Pada Kamis (11/1/2024), Pertamina meresmikan program SEB di SMA Negeri 8 Denpasar. Acara peresmian dihadiri oleh Area Manager Comm., Rel. & CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus, Ahad Rahedi, Kepala Sekolah SMA Negeri 8 Denpasar, I Wayan Sucipta, serta para siswa dan guru.

Dalam sambutannya, Ahad Rahedi mengatakan bahwa program SEB bertujuan untuk mendukung keterlibatan sekolah dan generasi muda dalam keberlanjutan lingkungan (environmental sustainability). Program ini juga mendorong para siswa untuk memberikan dampak lebih besar ke masyarakat sekitar melalui edukasi dan penggunaan energi terbarukan.

“Program SEB ini sejalan dengan upaya Pertamina mendukung Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengimplementasikan nilai-nilai Adiwiyata. Selain itu, program ini juga sejalan dengan komitmen Pertamina dalam mengimplementasikan ESG (Environmental, Social, and Governance) dan Sustainability Development Goals (SDGs) poin 4 yaitu pendidikan berkualitas, poin 7 energi bersih dan terjangkau, dan poin 13, penanggulangan perubahan iklim,” ujar Ahad.

Sebagai wujud dukungan SEB, Pertamina menyalurkan bantuan instalasi solar panel di SMA Negeri 8 Denpasar. Dengan adanya instalasi solar panel ini, diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang lebih baik di sekolah dan juga memberikan edukasi kepada para siswa terkait transisi energi dalam energi terbarukan. Selain itu, dalam acara peresmian program SEB juga diselenggarakan sharing session oleh Billy Mambrasar selaku Staf Khusus Presiden Bidang Pendidikan dan Inovasi sekaligus ambassadors of SDG’s Indonesia. Sharing session juga diisi oleh Perwira PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus dengan membawakan sejumlah materi di kelas-kelas.

Rangkaian kegiatan SEB di SMA Negeri 8 Denpasar juga melibatkan lebih banyak pelajar, terutama melalui Upcycling Competition. Event Pertamina ini mendorong para pelajar untuk berinovasi dan menciptakan alat dengan semangat lingkungan melalui kegiatan daur ulang. Selain para pelajar, dalam kesempatan ini pula sejumlah pejabat yang hadir juga ikut aktif dengan melakukan penanaman pohon.

Kepala Sekolah SMA Negeri 8 Denpasar, I Wayan Sucipta, menyampaikan terima kasih kepada Pertamina dan pemerintah atas dukungannya kepada sekolah. Ia mengatakan bahwa program SEB ini merupakan salah satu bentuk upaya pencapaian kedamaian tujuan hidup.

“Oleh karena itu mari kita jaga lingkungan sebagai bentuk implementasi kegiatan pada hari ini,” ajak Sucipta. 

Kesadaran terhadap pemanfaatan energi terbarukan itu pun disepakati harus mulai dipupuk dari generasi muda dengan ikhtiar bersama. 

“Apa yang kita lakukan bersama hari ini akan diingat terus oleh generasi muda sehingga mereka akan menjaga bumi, peduli terhadap lingkungan, serta berperan mengurangi emisi karbon,” tutup Ahad.

Sumber :
https://www.nusabali.com/berita/158893/pertamina-dukung-sma-negeri-8-denpasar-jadi-sekolah-ramah-lingkungan
https://kumparan.com/kanalbali/wujudkan-sekolah-energi-berdikari-sma-8-denpasar-dapat-sumbangan-solar-panel-21x9qkKcOzw/full

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *